Kamis, 13 Juni 2013

Goa Seplawan & Candi Gondoarum Purworejo

candi gondoarum berada diarea pegunungan menoreh yang berlokasi di dekat gua spalawan purworejo. Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing,Purworejo, jawa tengah. dengan jarak tempuh + 20 km ke arah Timur dari pusat kota Purworejo dengan ketinggian 700 m dpl sehingga udaranya sangat sejuk. dan berada di perbatasan purworejo-kulonprogo. 


reruntuhan batu candi yang terbuat dari batu putih 


lingga yoni yang berada tidak jauh dari candi gondoarum 


reruntuhan candi gondoarum

saat pertama kali ditemukan pada tanggal 28 Agustus 1979, di dalam salah satu lorong goa ditemukan sebuah arca sepasang dewa dewi yang terbuat dari emas murni. Keberadaan patung sepasang dewa dewi yang tak lain adalah Dewa Syiwa dan Dewi Parwati ( seberat 1,5 kg ) tersebut, menunjukkan kalau Goa Seplawan sebelumnya dijadikan sebagai tempat pemujaan.

arca shiwa perwati bagian depan ( sumber : purbakala jawa tengah )

arca shiwa perwati bagian belakang ( sumber : purbakala jawa tengah )
Patung itu kemudian dibawa ke Jakarta dan disimpan di Musium Nasional Jakarta. Sebagai gantinya pemerintah membuatkan replika patung itu tepat di depan mulut goa. Tujuannya adalah untuk mengingatkan kepada para pengunjung bahwa goa ini pada dasarnya adalah tempat suci yang disakralkan oleh masyarakat pada zaman dulu. Selain sakral, goa ini juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Hamparan stalaktit dan stalagnit di setiap lorong goa, menciptakan kesan tersendiri bagi para pengunjung goa. Tak hanya itu gemericik air yang menetes dari bebatuan penyusun goa mampu menenangkan hati siapapun yang masuk ke dalamnya.
replika patung syiwa parwati. 


candi gundoarum di percaya lebih tua dari candi borobudur. kemungkinan candi ini di gunakan sebagai tempat ibadah mereka yang menempati gua spalwan beratus-ratus tahun yang lalu. untuk menuju ke gua spalawan rute yang tergampang bila ialah melalu jalur stasiun sentolo. masuk menuju arah perumahan bila anda berada di jalur jogja wates. ikuti jalur lurus itu hingga sekitar 15 kilometeran anda menemukan pegunungan ikuti jalut tersebut yang mengarah ke purworejo hingga terlihat plang menuju gua spalawan ikuti jalan yang hancur tersebut.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman.. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes