Kamis, 13 Juni 2013

20 Hal yang Menjadi Kebanggan Indonesia

1.Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia
yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) . Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
2. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia
dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

3. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
* Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

4. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak,
yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

5. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia dan Candi-candi Hindu
Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
Candi Borobudur
Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta. Lokasinya hanya sekitar 3 km dari Candi Borobudur.
Candi Mendut
Candi Prambanan ini terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.
Candi Prambanan
Candi Pawon terletak di dusun Wanurejo, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Pawon berada tidak jauh dari Candi Borobudur.
Candi Pawon

Candi Sari berada tepat di tengah-tengah pemukiman penduduk sehingga dari jalan raya Yogya – Solo candi ini tidak bisa langsung terlihat. Sebagai pembatas dengan rumah penduduk, areal Candi Sari dikelilingi pagar. Selain adanya taman dan pepohonan, areal candi juga dilengkapi sejumlah bangku semen pada beberapa titik. Sehingga wisatawan yang berkunjung bisa beristirahat sejenak. Dari bangku ini pun keindahan relief yang menghiasi dinding luar candi bisa terlihat dengan jelas.
Candi Sari

Candi Banyunibo (Bahasa Jawa; air yang jatuh atau menetes) merupakan candi Budha yang berada tidak jauh dari Candi (Istana) Ratu Boko, yaitu berada di sebelah timur kota Jogja ke arah Wonosari. Candi ini pada sekitar abad ke-9 saat zaman Kerajaan Mataram Kuno. Bagian atas candi ini memilki stupa yang menjadi ciri khas candi Budha. Candi ini diketemukan dalam keadaan runtuh kemudian  mulai digali dan diteliti pada tahun 1940-an.
Candi Banyunibo
Reruntuhan Candi Bubrah ini berada di Dk.Ngangruk, Ds.Tlogo, Kec.Prambanan, Kab.Klaten dan masih didalam komplek Taman Wisata Candi Prambanan.
Candi Bubrah

candi lumbuk tepat berada di dusun tlogo, desa tlogo, Prambanan klaten. candi ini diperkirakan terbangun sekitar abad ke 9-10 masehi. candi ini memiliki sekitar 16 candi perwara yang mengelilingi candi induk, 4 candi saling berjejer di sisi selatan, utara, barat dan timur candi induk. nama candi lumbung berasaldari bentuknya yang seperti lumbung padi, dan oleh karena hal tersebut warga sekitar menyebut candi ini, dengan nama candi lumbung. salah satu relung di candi induk terdapat terdapat penggambaran dewi tara
Candi Lumbung
Candi Sumberawan berada di dusun Sumberawan, desa Toyomarto Kecamatan Singasari Kabupaten Malang Jawa Timur. Tepatnya berada di lereng Gunung Arjuna. Dekat dengan mata air yang sangat besar. Negarakrtagama menyebutnya 'Kasuranggan' atau Tempat Para Dewa. Pada awalnya berada ditengah-tengah telaga. Di Candi Sumberawan yang dibangun di zaman Ken Arok, letaknya sekitar satu kilometer dari gerbang Candi Singhasari, yang beragama Hindu. Untuk menempuh candi Sumberawan pengunjung harus meniti pematang sawah dan sungai sejauh 500 meter dari jalan raya Desa Sumberawan.


Nama ”Songgoriti” dalam bahasa jawa kuno berarti ”timbunan logam” hal ini tentu masih ada hubungannya dengan nama desa Songgokerto yang berarti ”timbunan kemakmuran.” Nama ini kemungkinan berkaitan dengan sebuah Prasasti yang ditemukan tak jauh dari situs candi yaitu Prasasti Sangguran atau Batu Minto bertarikh 850 Syaka atau 928 M, yang dikeluarkan atas perintah raja Wawa. Prasasti yang ditemukan di dukuh Ngandat, kota Batu ini, memberitakan bahwa raja danMahamantri I Hino Pu Sindok bernazar untuk menjadikan desa Sangguran sebagai wilayah watak Kanuruhan suatu perdikan dari Bhatara di suatu bangunan suci yang ada di daerah sima kanjurugusalyan di Mananjung. Yang menarik dari prasasti ini adalah disebutkannya sima khusus bagi para juru gusali, yaitu para pandai (logam). Ini sesuai dengan nama-nama desa di sekitar candi Songgoriti berada
Candi Songgoroti


6. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia,
yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

Ciri manusia purba Pithecanthropus di antaranya adalah hidung yang lebar serta tulang pipi yang menonjol dan kuat, tingginya sekitar 165 cm – 180 cm, badannya tegap walau tidak setegap Meganthropus. Manusia purba ini diperkirakan hidup dengan mengumpulkan makanan dan berburu. Makanan yang dikonsumsinya adalah tumbuh-tumbuhan dan daging.
Phithecanthropus Erectus


7.Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

8.Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)
pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

9.Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

10. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia
(20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

11. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian,
yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
12. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis
(plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

13. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).




14. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
15. Biodiversity Anggrek terbeser didunia :
6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

Anggrek Macan
Anggrek Hitam


16. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia.
Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.




17. Binatang purba yang masih hidup
: Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

Komodo di Pulau Komodo


18. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia.
Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

Rafflesia Arnoldi 


19. Memiliki primata terkecil di dunia ,
yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

Tarsier Gunung


20. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia
yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

Python Reticulates

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes